Minggu, 22 Desember 2013
Browse »
home»
dasar
»
digital
»
rpp
»
RPP Digital Dasar
F. Penilaian
RPP Digital Dasar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMK Negeri 2 Tanjungbalai
Mata Diklat : Kompetensi Kejuruan
Kelas/semester : X / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan dasar - Dasar Teknik Digital
Kompetensi Dasar : 1.2 Menjelaskan Operasi Gerbang Logika (Gate Logic)
Indikator : 1. Prinsip Kerja Not Gate
1. Prinsip Kerja And Gate
2. Prinsip Kerja Or Gate
3. Prinsip Kerja Nand Gate
4. Prinsip Kerja Nor Gate
5. Prinsip Kerja Ex-Or Gate
6. Prinsip Kerja Ex-Nor Gate
7. Tabel Kebenaran / Truth Table
Alokasi Waktu : 9 x 45 (3 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa terampil dalam :
o Menjelaskan prinsip kerja untuk Not Gate, And Gate, Or Gate, Nand Gate, Nor Gate, Ex-Or Gate, Ex-Nor Gate
o Menjelaskan tabel kebenaran (Truth table) untuk Not Gate, And Gate, Or Gate, Nand Gate, Nor Gate, Ex-Or Gate, Ex-Nor Gate
o Memperagakan tabel kebenaran (Truth table) untuk Not Gate, And Gate, Or Gate, Nand Gate, Nor Gate, Ex-Or Gate, Ex-Nor Gate dengan IC digital
o Membuat kombinasi gerbang logika dan Aljabar Boolean
B. Materi Ajar
o Macam-macam gerbang logika / gate logic
o Penguasaan Jenis dan ragam gerbang logika dasar
o Prosedur baku membuat tabel kebenaran dari persamaan logika
o Kombinasi gerbang logika dan Aljabar Boolean
o Praktik dasar gate logic pada masing – masing IC digital CMOS atau TTL
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Observasi / pengamatan
Demonstrasi
Praktik
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan pendahuluan
o Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
o Guru menjelaskan tujuan pembelajaran materi gate logic
2. Kegiatan Inti
o Guru memaparkan macam-macam gate logic dasar
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol not gate
o Guru membuat analogi sebuah not gate
o Siswa membuat analogi not gate sendiri
o Siswa menjelaskan analogi not gate yang dibuatnya
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan analogi yang dibuatnya
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol not gate
o Guru membuat analogi sebuah and gate
o Siswa membuat analogi and gate sendiri
o Siswa menjelaskan analogi and gate yang dibuatnya
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan analogi yang dibuatnya
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol or gate
o Guru membuat analogi sebuah or gate
o Siswa membuat analogi or gate sendiri
o Siswa menjelaskan analogi or gate yang dibuatnya
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan analogi yang dibuatnya
3. Penutup
o Memberi kesimpulan materi gate logic dasar
o Membuat catatan tentang kegiatan kelas
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan pendahuluan
o Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
o Guru mengulang sedikit pembelajaran materi minggu lalu
o Guru mempersiapkan
2. Kegiatan Inti
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol nand gate adalah kebalikan dari and gate
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskan pengisiannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan prinsip nand gate
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol nor gate adalah kebalikan dari or gate
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskan pengisiannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan prinsip nor gate
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol ex-or gate adalah kebalikan dari or gate
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskan pengisiannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan prinsip ex-or gate
o Guru membuat analogi sebuah ex-or gate
o Siswa membuat sendiri sebuah analogi untuk mengilustrasikan ex-or gate
o Guru menjelaskan prinsip kerja, simbol ex-nor gate adalah kebalikan dari nor gate
o Guru membuat tabel kebenaran dan menjelaskan pengisiannya
o Siswa mengisi tabel kebenaran sesusai dengan prinsip ex-nor gate
o Guru membuat analogi sebuah ex-nor gate
o Siswa membuat sendiri sebuah analogi untuk mengilustrasikan ex-nor gate
3. Penutup
o Memberi kesimpulan materi yang telah dipelajari dengan mengilustrasikan dengan analogi yang disampaikan
o Memberi tugas untuk menuliskan analogi masing-masing gate logic dengan kreativitas masing-masing disebuah kertas gambar
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan pendahuluan
o Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
o Guru mengumpulkan tugas minggu lalu
o Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari yaitu kombinasi gerbang logika dan aljabar boolean
2. Kegiatan Inti
o Guru menjelaskan prinsip kombinasi sebuah IC yang akan digunakan untuk menjadi macam-macam gerbang logika dasar
o Guru membuat tabel kombinasi gerbang logika dan menjelaskan beberapa kombinasi sesuai dengan tabel kebanaran gerbang logika
o Siswa membuat tabel kombinasi gerbang logika dan menuliskan tabel kebenaran yang belum diselesaikan oleh guru
o Guru menjelaskan prinsip aljabar boolean
o Guru memberi notasi boolean untuk masing-masing gerbang logika
o Siswa mencatat ulang tabel notasi aljabar boolean
o Guru membuat contoh rangkaian yang akan dibuat persamaan boolean sebanyak 3 contoh
o Guru bertanya pada siswa jika ada yang kurang jelas dalam pembuatan persamaan boolean
o Guru menugaskan pada siswa untuk membuat rangkaian logika lain untuk dibuat aljabar boolean
o Siswa mengerjakan tugas untuk membuat rangkaian sederhana kemudian dibuat persamaan booleannya
o Satu persatu siswa mempresentasikan rangkaiannya kepapan tulis
o Guru memberi penilaian kepada siswa yang dapat mengerjakan tugas dengan baik
3. Penutup
o Memberi kesimpulan materi kombinasi gerbang logika dan prinsip aljabar boolean
o Membuat catatan tentang kegiatan kelas
E. Sumber bahan
o Modul Gerbang logika
o Buku Teks
o Power Supply
o Cok sambung / steker
o Kit DigDas
Teknik : - Forto folio
- Praktik
Bentuk Instrumen : Kertas kerja
Unjuk Kerja
Mengetahui Tanjungbalai, Juli 2011
Ka. SMK Negeri 2 Tanjungbalai Guru Mata Diklat Kompetensi Kejuruan
DEDDI ANSHARI, S.Pd, M.Si YUSRIZAL PANJAITAN,S.Pd
NIP.19730519 199903 1 004 NIP. 19790305 200604 1 004
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar